Monday, March 30, 2015

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan, Kecantikan, Wajah, Kulit, Jerawat, Rambut


Manfaat jeruk nipis untuk kecantikan wajah sudah sangat terkenal, terbukti dengan banyaknya produk kecantikan seperti pembersih maupun pelembab yang mengandung ekstrak jeruk nipis. Manfaat jeruk nipis untuk kecantikan rambut pun dapat diperoleh dari produk shampoo yang menggunakan jeruk nipis untuk berbagai masalah rambut. Selain untuk kecantikan, jeruk nipis dapat diolah menjadi berbagai macam minuman maupun masakan untuk memperoleh kandungan vitamin C-nya.
Berikut ini rincian manfaat jeruk nipis beserta cara mengolahnya:
Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan
Jeruk nipis dipercaua mampu mencegah penyakit yang berhubungan dengan kurangnya vitamin C seperti sariawan, gusi berdarah, dan panas dalam. Berkumur dengan jeruk nipis juga mengurangi bau nafas. Jeruk nipis juga bisa menjaga daya tahan tubuh sehingga sangat cocok dikonsumsi sehari-hari. Jika anda ingin menurunkan berat badan, minumlah jeruk nipis tanpa gula setiap hari. Kandungan antioksidan dalam jeruk nipis dapat membantu kesehatan kulit serta vitamin C nya dapat mencerahkan kulit yang kusam.
Anda bisa mengolah jeruk nipis menjadi jus dengan cara memblendernya maupun memerasnya dan mencampurnya dengan air putih dingin maupun teh. Cara praktis lainnya adalah memotong jeruk nipis dan memasukkannya ke dalam botol air mineral dan dikocok. Air mineral anda akan lebih segar dan rasanya tidak tawar lagi. Ingat, jangan membuat minuman jeruk nipis dengan air panas ataupun hangat karena panas dapat mengurangi kandungan vitamin C dalam jeruk nipis.
Manfaat jeruk nipis untuk kecantikan wajah, kulit dan jerawat
Jeruk nipis ampuh untuk membunuh bakteri penyebab jerawat dan menghilangkan bekasnya. Selain itu, kulit kusam karena berminyak dapat diatasi. Kandungan vitamin C dan kolagennya dipercaya mampu mencerahkan dan menjaga elastisitas kulit. Untuk mendapatkan manfaat jeruk nipis untuk kecantikan wajah, anda bisa memeras sarinya dan mengoleskan ke wajah sebagai masker. Cara praktis lainnya yakni dengan membelah jeruk nipis menjadi dua bagian  dan memencetnya sampai keluar cairan dari masing-masing sisinya. Oleskan ke wajah yang telah dibersihkan dan tunggu sampai kering. Selain itu, jeruk nipis biasanya dijadikan campuran masker berbahan dasar lain seperti putih telur, madu, atau yoghurt.
Selain wajah, kulit pada siku dan lutut yang kasar dan cenderung menghitam dapat dicerahan dengan menggosokkan irisannya ke permukaan lutut dan siku secara teratur.
Jeruk nipis dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan ketombe dan mengurangi produksi minyak berlebih di kulit kepala anda khususnya bagi wanita yang berhijab. Jeruk nipis dapat memberikan kesejukan di kulit kepala sehingga mampu mengurangi rasa gatal. Ambil sari jeruk nipis dengan memerasnya dan gosokkan pada kulit kepala lalu pijit dengan lembut. Usapkan secara teratur pada kulit kepala untuk hasil maksimal. Anda juga bisa mencampur perasan jeruk nipis dengan minyak zaitun, apukat, maupun santan untuk menambah khasiatnya.

No comments:

Post a Comment